Penyebab Benih Lele Mengantung Dan Cara Mengobatinya. - Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Berbagi tips ilmu pengetahuan tentang seputar budi daya ikan secara modern dengan sistem biofloc terbaru yang bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan.

Tuesday, November 7, 2017

Penyebab Benih Lele Mengantung Dan Cara Mengobatinya.

cara mudah dan efektif dalam mengobati benih ikan lele yang kurang sehat.


Para pembudidaya ikan lele kerap membayangkan betapa bahagianya jika hasil ternak mereka akan berhasil, ada sebagian dari meraka hanya memikirkan keuntungan saja tanpa memikirkan beberapa efek kegagalan yang nyata di depan mata. Buat kalian sebagai peternak  mari kita perhatikan seksama kendala yang akan terjadi jika kita lalai dalam pertama menebar bibit saat usia ikan masi muda.


Faktor utama yang membuat kegagalan dalam pertama usaha membudidaya ikan adalah kurangnya memperhatikan kualitas air kolam apa lagi posisi lahan kolam yang cenderung tidak memiliki atap atau alas sebagai penahan jatuhnya air hujan kedalam kolam. 

Mas mengapa air hujan tidak baik untuk bibit ikan lele?

jawabnya " ya. karena air hujan memeiliki kadar keasaman yang tinggi, yang tidak baik untuk motabolisme pada bibit ikan yang berukuran kecil 2-3 cm,karena ukuran nya terbilang kecil dan usia muda tentu ikan lele belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat seperti ikan lele dewasa pada umum nya. para pembudidaya wajib tahu karakter ikan lele yang berusia muda.


seperti yang saya jelaskan di atas, pada bibit ikan lele yang berusia 1-25 hari tentu belum memiliki stamina yang kuat dalam berhadaptasi di lingkungan tempatnya tingal saat ini, maka tak herah jika
bibit ikan lele yang masi kecil banyak mengalami kematian masal ketika kondisi lingkungan atau air kolam yang memiliki kadar asam yang tinggi, maka dari itu kita sebagai 
pembudidaya bibit ikan lele wajib tahu tentang kelemahan kelemahan bibit ikan agar meminimalisir angka kematian yang berakibat meruginya para pembudidaya ikan lele.

Biasanya penyakit apa saja yang bisa dialami bibit ikan lele mas?

banyak yang saya temukan selama membudidaya bibit ikan lele, mulai dari 
1. mengambang kepermukaan air kolang
2. terdapat jamur putih pada tubuh bibit ikan
3. bibit tidak aktif bergerak (tidak banyak beranang cenderung diam) 
4, dan masi banya lagi.

Ketiga kendala di atas kerap sering di alami para pembudidaya bibit ikan lele, dan banyak juga mereka gagal dalam menangani ke tiga kendala bibit ikan lele di atas, maka dari itu saya secara pribadi akan memberikan beberapa tips kepada anda semua secara pengalan yang saya dapatkan dari berbagai sumber peternak lain nya yang telah terapkan dan alhamdulliah berhasil hingga saat ini.


Sebelum memasuki poin utama nya ada baiknya siapkan kopi hangat atau teh saat membaca artikel yang saya bagikan ini agar bisa rilex dan memahami tulisan saya dan bisa menerapkannya saat di lapangan nanti, :)


Sebenarnya ada banyak alternatif yang saya gunakan dalam mengatasi permasalahan diatas, mulai dari memberikan perawatan yang fokus terhadap  bibit ikan, memantau air ikan dengan alat pengukur PH, memberikan vitamin.

kayak merawat anak aja mas perawatanya, ? 

jawabnya : Ya tentu, jika kalian ingin meraih kesuksesan dalam membudidaya ikan, rawatlah sebagaimana anda merawat anda, karena ikan juga makhult hidup yang di ciptakan allah 
jadi ada baiknya kita rawat sebaik mungkin sama seperti anak sendiri, yakinlah jika kalian mencintai apa yang kalian peliara, insya allah akan membuahkan hasila yang memuaskan, jangan hanya memberi makan saja, karena sejatinya makan saja tidak cukup, ikan juga membutuhan perawatan yang extra saat di usia kecil.

Hal pertama dalam membudidaya ikan lele dari kecil silahkan perhatian bibit ikan sebelum membeli dan menebarnya di kolam, bibit ikan yang sehat tandanya dengan bergerak aktif dalam air. Hal ini menandakan jika bibit ikan yang aktif itu memiliki daya tahan tubuh yang prima. JIka setalah menebar bibit dan dalam satu hari anda menemukan tanda-tanda seperti yang saya sebutkan diatas, segeralah mengecek kadar keasaman pada air kolam apakan keasaman air memilikai keasaman yang tinggai atau tidak. Jika kadar keasaman cukup tinggi segera ambil tindakan dengan cara :

1. Taburkan garam secukupnya, 2-4 sendok makan dengan jumlah volume air 1 m3.
2. Taburkan kapur Dolomit dengan takaran 150 mil/m3. larutkan ke dalam air sebanyak lima liter air, taburkan secara merata, cara ini bisa di lakukan hanya pada malam hari.

kedua cara diatas sudah tidak diragukan lagi, karena dengan mengunakan kedua bahan diatas, sudah ampuh dalam menetralkan air kolam yang memiliki kadar asam yang tinggi, yang bisa mengakitkan bibit ikan menjadi lemah dan bisa mengakitabkan kematian masal.

Penyebab bibit ikan lele mengantung

Hal yang menyebaban bibit ikan lele mengantung di permukaan air diantaranya adalah :

*benih ikan lele terserang penyakit
* kualitas air kolah buruk (kadar keasaman tinggi dan banya kotoran ikan yang tidak terurai yang mengakibatkan terjadinya Amoniak)
* kadar PH air tidak terjaga dengan baik.

ciri-ciri bibit ikan lele yang mengantung

Ada beberapa ciri-ciri bibit ikan lele yang mengantung misalnya:

* saat di beri pelet bibit ikan lele tidak langsung merespon, hal ini bisa di katatan jika bibit ikan lele sedang mengalami sakit.
* sedangan kebalikannya, jika di beri pelet namun nafsu makan berkurang, hal ini juga bisa dikatakan air kolam yang kurang sehat, mengingat ikan lele adalah hewan yang rakus atau kuat makan, maka jika terdapat ikan yang kurang merespon makanan nya patut segera di curigai jika bibit ikan sedang mengalami sakit yang harus segera di tangani agar 
tidak merugi sebelum terjadinya kematian secara masal.



1. Bawang

Selain di gunakan untuk bumbu masakan bawang putih juga ampuh untuk mengobati bibit ikan lele yang sedang sakit, caranya ambil beberapa ruas bawang putih, lalu tumbuk hingga halus bisa juga mengunakan blender, lalu taburkan kedalam kolam berisi bibit ikan lele yang sedang sakit tersebut.
mangapa harus bawang mas? jawabnya : Ya, karna bawang putih mengandung anti bakteri dan anti septik, untuk lebih mengenal manfaat bai bawang putih silahakan baca disini.

2. Garam

pengunaan garam sangat baik bagi bibit ikan lele yang sedang sakit,karena dalam tubuh ikan terdapat 1 % kadar garam, sedangan air tawar memiliki konsentrasi hanya sebesar 0,1 %, jadi kandungan garam pada tubuh ikan bisa berkurang akibat proses difusi, hal itulah yang membuat fisik pada bibit ikan lele menjadi lemah. Dengan menabur garam pada kolam bisa mengembalikan 
kadar garam pada tubuh bibit ikan lele agar menjadi sehat.

3. pisahkan bibit ikan lele yang mengantung dari kolam.

4. puasakan bibit ikan lele 1 hari dimulai dari pagi hari.

5. jika air kolam terlalu buruk, silahkan melakukan pengurasan kolam secara berkala, kuras sebanyak 10 cm dari ketingian air kolam.

Dari ke 5 cara di atas sudah sering saya lakukan dan alhamdullia bisa teratasi masalah pada bibit ikan yang berusia dini. Namun sebaiknya para pembudidaya bibit ikan lele melakan pencegahan agar kesalahan pada bibit ikan yang mengantung bisa di minimalisirkan, pencegahan itu sendiri dapat di lakukan sebagai berikut :

mencegah terjadinya bibit ikan lele yang mengantung

  • Menjaga kualitas air kolam, usahaan jangan terkontaminasi dengan air hujan, bisa di lakukan pemasangan atap atau terpal agar ketika hujan datang air kolan tetap terjaga dari terkontaminasi zat asam yang di bawa dari air hujan tersebut.
  • Jika anda kesulitan mendapatkan air yang baik ari lingkungan sekitar, bisa di atasi dengan mengembangkan kolam organik dengan air hijau yang di tumbuhi alga, karena alga sendiri dapat berfungsi mengahancurkan kotoran ian lele dan menetralkan efek racun.
Dari penjelasan diatas semoga cukup mudah untuk bisa di pahami dan bisa diterapkan bagi anda di rumah, semoga dapat memberikan solusi bagi anda yang sedang kebingungan dalam mengatasi permasalahan penyebab benih mengantung dan cara mengobatinya terutama bagi pemula dalam membudidaya.

No comments:

Post a Comment