6 Langkah Awal Budidaya Ikan Lele Bioflok Dengan Biaya Murah - Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Berbagi tips ilmu pengetahuan tentang seputar budi daya ikan secara modern dengan sistem biofloc terbaru yang bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan.

Saturday, October 28, 2017

6 Langkah Awal Budidaya Ikan Lele Bioflok Dengan Biaya Murah

6 langkah awal budidaya ikan lele bioflok dengan biaya murah



Sulitnya mendapatkan pekerjaan saat ini membuatku tercambuk untuk memutar otak secara extra, belum lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk makan tak bisa di cegah karena saya sadar setiap harinya tentu kita butuh makan. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan Trik Sukses Budidaya Ikan Lele yang mugkin bisa bermanfaat untuk semua kalangan baik pelajar maupun umum. Minim nya modal dan lahan tak membuatku putus asa karena saya yakin jika ada kemauan pasti ada jalan dan tentu nya jangan lupa berdoa kepada Allah SWT karena hanya ia lah yang maha kuasa atas segala sesuatu yang ada di muka bumi ini tak terkecuali saat urusan usaha Budidaya Ikan yang akan kita mulai saat ini.

Langsung saja ke poin utamanya, hal yang harus di perhatikan adalah menyediakan tempat/lahan kolam. Saya tidak memiliki lahan yang cukup mas, lalu bagaimana? tenang Budidaya Ikan Lele yang saya ajarkan ini tidak perlu memakan tampat/lahan yang luas, cukup dengan kuran 2-3 meter kalian sudah bisa membuat lahan/tempat untuk penyediaan kolam yang akan di buat.

1. Siapkan Lahan/tempat 

2. Siapkan Kolam (terpal)

3. Persiapkan Bibit Ikan

4. Persiapkan Pakan

5. Persiapkan Obat/ vitamin ikan 

6. Persiapkan Air rator

Pemaparan : 

1. Jika anda keterbatasan memiliki lahan/tempat anda bisa memanfaatkan lahan sempit seperti Dapur, Kamar mandi, atau perkarangan rumah yang tentunya seriap rumah memiliki perkarangan rumah meski hanya memiliki luas 2 persegi, benar bukan!

2. Untuk persiapan kolam anda bisa mengunakan Besi Wiremesh, atau kayu, namun jika anda terkendala dengan biaya yang minin anda bisa meminimalisir harga dengan memanfaatkan kayu bekas namun masi layak pakai. dengan begitu anda bisa menghemat biaya, untuk terpal sendiri anda bisa gunakan terpal dengan jenis A3. selain kuat terpal jenis ini sudah di percaya para peternak lele yang telah lama mengunakan terpal tersebut dan tahan terhadap cuaca panas dan hujan.

3. Jika anda yang tingal di kota mungkin sedikit kesulitan untuk mencari Bibit Lele, akses dari kota ke peternak lele mungkin bisa memakan biaya yang lumayan, akan tetapi anda bisa siasati dengan cara sistem order di media seperti Google, Facebook, susah banyak kok yang menjual Bibit Ikan Lele secara online, akan tetapi saran saya carilah penjual yang lokasinya tak jauh dari kota anda atau tempat tinggal anda agar mempermudah si penjual untuk mengirimkan Bibit Ikan Lele yang anda pesan tampa harus Mengkarantinakan Bibit tersebut untu pengiriman, tujuan nya untuk mempermudah adau mengirit dari biaaya transpotasi anda menuju penjual Bibit lele, rata-rata penjual bibit lele online mematok harga perbibit dengan harga 100-200 rupiah saja, cukup murah bukan.

4. Untuk pemula tentu ada masi dalam perawatan benih lele yang msai kecil-kecil, yang tentunya anda juga harus pintar dalam memilih pakan lele yang berkualitas, saran saya gunakan pakan yang sesuai ukuran bibit lele yang anda gunakan dan perhatikan kadar vitamin pada pakan. untuk pakan yang baik biasanya dengan jumlah persentase protein di atas 30% guna untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele, jadi masa panen akan lebih cepat.

5. Untuk obat sendiri anda bebas memilih nya, bisa anda cari di toko terdekat, namun jika anda berkenan untuk mengikuti saran saya silahkan gunakan PROBIOTIK em4 selain mudah di dapat em4 juga tergolong murah akan tetapi khasiatnya sangat luar biasa. Apa kegunaan PROBIOTIK untuk lele mas? nah perlu di ketahui bagi anda yang pemula, pemberian Probiotik itu sangat penting bagi ikan lele, secara umum probiotik itu adalah Bakteri baik bagi tubuh ikan yang bisa menjaga kesehatan tubuh ikan lele, mengingat lele adalah ikan yang rakus, jadi kita perlu penambahan Probiotik agar tubuh ikan lele tetap sehat.

6. Untuk Air rator sendiri anda biasa mendapatkannya di toko terdekat, banyak jenis air rator yang bisa anda pilih. saran saya gunakan air rator dengan daya WATT yang cukup agar bisa menghasilkan udara yang maksimal dalam memberikan oksigen pada ikan lele. Mengapa harus pakai air rator mas, bukanya ikan lele bisa mengambil udara sendiri? Benar sekali ikan lele memang bisa mengambil udara sendiri, tapi perlu di ketahui, untuk pemanfaatan Budi daya Ikan Lele dengan lahan yang sempit tentunya akan membuat ikan kesulitan untuk mengambil udara diatas, untuk meminimalisir kerugian/kematian pada ikan, saya sarankan gunakan airator untuk bantuan udara pernapasan pada ikan, tenang saja untuk air rator sendiri tidak malah kok. mulai dari 50.000 - 100.000 Rupiah udah bisa membawa pulang mesin tersebut, dan juga irit Listrik. cukup murah bukan.

Simulasi Biaya yang Dikeluarkan

Untuk mengetahui total biaya yang di keluarkan akan saya berikan penjelasan nya di bawah ini :


Jenis bahanSatuanKisaran yg di beliSatuanTotal Biaya Keseluruhan
Kayu17 batangukuran 4x6 = 25.000175.000
Besi Wirmesh16 batangukuran 6mm = 35.000210.000
Paku1-12.000/ Kg12.000
Terpal1-ukuran 2x3 = 60.00060.000
Bibit Lele11000ukuran 3 inch = 150150.000
Obat / Probiotilk1-em4 = 30.00030.000
Molase/tetes tebu1-12.000/ Kg12.000
SUB TOTALRp.649.000.-



Untuk harga di atas hanya perkiraan di kota saya saja, dan untuk perkiraan harga bahan yang di gunakan anda bisa mengunakan besi atau kayu sebagai landasan kolam/penahan beban air untuk kekuatan kolam. jika anda yang tinggal di pulau jawa tentunya akan lebih murah dari harga di kota saya Lubuklinggau - Sumsel.


Tahap Persiapan Kolam Biofok Yang Wajib Kamu Ketahui !

Tidak menutup kemungkinan telah banyak terjadi kegagalah berbudidaya lele bioflok ini, karena kebanyakan dari mereka tidak menerapkan dari apa yang di ajarkan sebelum nya, maka dari itu perlu di ketahui untuk Ternak Ikan Lele Bioflok ini perlu dilakukan dengan teliti karena sisterm bioflok yang saya ajarkan kepada anda adalah dengan cara Padat Tebar Tinggi, maka dari itu silahkan di baca petunjuk yang saya ajarkan ini hingga selesai melalui tulisan saya di bawah ini.


langkah langkah yang harus di mulai

  • Sebelum melakukan penebaran benih ikan lele silahakan melakukan pengisian air pada kolam setinggi 80 - 100 cm

  • lakukan pemberian Probiotik (Bakteri Pathogen/bakteri baik) seperti yang saya sarankan mengunakan Em4 atau anda juga bisa mengunakan Probiotik lain nya.

  • lakukan tambahkan campuran Pakan Bakteri dengan takaran 250 ml/m3, untuk pakan bakteri sendiri anda bisa gunakan seperti yang saya ajarkan di atas dengan mengunakan Molase (tetes tebu) namun jika anda kesulitan mendapatkan cairan molase tersebut karena keterbatasan stock di kota kalian, silahkan mengunakan alternatif molase tersebut dengan Tepung Tapioka atau gula, kedua nya cukup baik untuk pakan bakteri pada ikan yang nantinya akan kita tebar pada kolam.

  • lakukan pemberian Kaput Dolomit pada malam hari nya dengan jumlah takaran 150-200 ml/m3 atau untuk kalian bingung dengan takaran nya silahakan anda gunakan gelas air minum mineral yang biasa anda beli di warung - warung dekat rumah anda, karena takaran pada gelas air minum mineral tersebut adalah 150 ml.  setelah mendapatkan takaran yang pas silahkan campurkan kaput tersebut kedalam air sebanyak 2 liter air mengunakan ember/baskom dirumah, silahkan di aduk hingga terjadi pelarutan pada kapur, setelah itu barulah kalian terbarkan pada kolan yang telah berisi air tersebut secara merata. Fungsi kapur Dolomit adalah menstabilkan PH air yang ada pada kolam serga berguna untuk membuat gumpalan/flok yang nantinya akan menjadi pakan alami ikan lele saat di tebar nantinya.

Setelah semua bahan yang di siapkan telah tercampur dengan rata, silahkan didiamkan air selama minimal 7 hari atau lebih bagus 10 hari agar air kolam sehat untuk di isi benih ikan lele segar nantinya.
Kok lama baget mas sampe harus 10 hari ? 
karena bertujuan untuk menciptakan Flok yang kita harapkan agar dapat menjadi pakan alami lele serta dapat mengurai kotoran ikan menjadi sumber protein yang baik untuk ikan lele tersebut dan juga membuat air pada kolam tersebut tidak memiliki bau seperti pada kolam-kolam lele konvensional lain nya.

Prawatan Susulan Probiotik

Sebelum benih ikan lele yang anda terbar di kolam memiliki ukuran 12 cm, di anjurkan pada setiap 10 hari sekali masukan :
- Probiotik sebanyak 5ml/m3
- Ragi Tempe sebanyak 1 sendok makan /m3
- Ragi Tape 2 butir/m3
dan malam harinya taburkan Kapur Dolomit sebanyak 200-300 gram/m3 (jumlah lebih banyak dari pemberian di awal persiapan sebelumnya)
NB : untuk ragi tempe dan ragi tape dilarutkan kedalam air terlebih dahulu.


Pemberian Pakan


  • Untuk pemberian pakan wajib dilakunan dengan memilih pakan yang berkualitas dan sesuai ukuran lele yang akan di berikan pakan. silahkan gunakan pakan yang memiliki kadar Protekin minimal 30%), lemak (4-16%), karbohidrat (15-20%), vitamin dan mineral. agar pertumbuhan ikan bisa maksimal dan merata.

  • Secara umum setiap harinya ikan lele memerlukan pakan 3-6% dari bobot tubuhnya. Cara pemberiannya berdasarkan bobot ikan setiap 10 hari. Misalnya, ikan lele dengan bobot 50 gram memerlukan pakan sebanyak 2,5 gram (5% bobot tubuh) per ekor. Kemudian setiap 10 hari ambil samplingnya, lalu timbang dan sesuaikan lagi jumlah pakan yang diberikan. Dua minggu menjelang panen, persentase pemberian pakan dikurangi menjadi 3% dari bobot tubuh.


Ribet amat mas kok pake di timbang segala kan capek?

Begini, tujuan dari penimbangan jumlah berat bobot tubuh bertujuan agar flok yang tadinya kita ciptakan dapat termakan oleh ikan lele tersebut, mengingat ikan lele adalah hewan yang rakus maka, daya pakan harus sesuai Standar Ternak Ikan Lele Bioflok di atas agar berguna sisa dari kotoran yang telah di urai menjadi Flok dapat di makan oleh ikan, menghindari terjadinya penumpukan flok yang melebihi kapasitas air pada kolam anda.





Demikian Trik Sukses Budidaya Ikan lele yang saya bagikan sesuai pengalaman pribadi, cukup bisa di pahami bukan? semoga dapat membantu anda dalam membangun sebuah bisnis tambahan anda agar bisa membuka peluang untuk semakin kreatif dalam memanfaatkan lingkungan di sekitar menjadi manfaat yang bisa di rasakan bersama. 

Untuk tahap lanjut pemeliharaan yang di lakukan akan saya bahas di artikel selanjutnya. terimakasih atas waktu luangnya telah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk pembaca.

NB : Jika tulisan ini bermanfaat, Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman teman anda. karna 1 share adalah 1000 kebaikan yang mulia jika penerima merasakan manfaat ilmu yang kita bagikan. bagi kalian yang masi bingung dengan tulisan saya di atas silahakan tinggalkan komentar di bawah ini, dengan senang hati saya akan membantu teman-teman semaksimal mungkin Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment