Penyebab kematian ikan lele | Mengenal Penyakit Saprolegnia dan cara mengobatinya secara permanen - Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Pembelajaran Budi Daya Ikan Modern Bioflok Sistem

Berbagi tips ilmu pengetahuan tentang seputar budi daya ikan secara modern dengan sistem biofloc terbaru yang bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan.

Saturday, November 4, 2017

Penyebab kematian ikan lele | Mengenal Penyakit Saprolegnia dan cara mengobatinya secara permanen

Dalam beberapa kasus yang di dapat dari sejumlah informasi yang kami dapatkan mengenai berbagai hal Penyebab kematian ikan lele. Banyak para peternak ikan lele yang mengeluh atas kehadiran virus penyakit pada ikannya, karena hal ini menyangkut hasil yang merugi jika ikan yang mereka pelihara secara perlahan mengalami banyak kematian yang di sebabkan oleh virus tersebut. 


Cara mengobati ikan lele berjamur dan mengenal penyakit Saprolegnia

Saprolognia adalah salah satu jenis virus atau penyakit yang hingga saat ini masi menjadi momok para pembudidaya ikan lele khususnya bagi mereka yang membudidaya ikan lele pada kolam terpal. Perubahan cuaca yang tak menentu menyebabkan banyak ikan lele terkena penyakit, mulai dari mengambang nya ikan pada permukaan air atau juga sering terjadi penjamuran pada tubuh ikan lele. Jenis jamur ini adalah Saproleginia atau yang biasa kita kenal Jamur, Saproleginia merupakan virus atau jenis jamur air tawar yang dapat tumbuh dengan baik pada suhu dingin atau lembab yang memerlukan air untuk bisa tumbuh dan berproduksi semaikin banyak, bahkan jenis jamur ini dapat menular kepada ikan ikan lainnya yang berada pada satu kolam yang sama.

Cara mengobati virus saprolegnia

1. mengunakan Garam

Ikan memiliki konsentrasi garat berkisar antara 1% pada tubuhnya, sedangkan air tawar memiliki konsentrasi garam hanya sebesar 0.1%, pada saat ikan berada dalam airmaka akan terjadi tekanan osmotik antara air dan ikan sebagai lingkungannya, yang melalui proses difusi ikan mengeluarkan garan dan masuknya air tawar pada tubuh ikan.
maka dari itu di perlukan Garam sebagai salah satu cara untuk terus menerus menganti kandungan garam yang hilang serta mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuh ikan tersebut.  
Cara pengunan

Larutkan garam sebanyak 3 sendok makan untuk 1 m3 kolam dan larutkan kedalam air sebanyak 5 liter, tebarkan secara merata kedalam kolam agar fungsi garam cepat bereaksi pada air kolam

2. Mengunakan (PK) Kalium Permanganat.

Dengan mengunakan (PK) kalium Permanganat dapat membunuh berbagai macam parasit dengan merusak dinding-dinding sel mereka melalui proses oksidasi.

Kalium Peranganat sendiri merupakan Oksidator kuar yang bisa digunakan mengobati beberapa penyakit ikan termasuk jenis ikan lele akibat ektoparasir dan infeksi bakteri atau jamur terutama pada ikan didalam kolam terpal.



Cara pegunaannya

Larutkan Kalium Petamanganat kedalam air 10 liter aduk hinga merata, setelah itu angkat ikan yang terkena jamur tersebut dan rendamkan ikan pada larutan PK yang telah di siapkan selama kurang lebih 30 menit. Jika ternyata didalam kolam terdapat banyak ikan yang terkena penyakit anda bisa mengaplikasikan larutan PK kedalam kolam dengan cara melarutkan PK kedalam air bersih sebanyak 5 liter
kemudia di tebarkan kedalam kolam secara merata agar pengunaan PK bisa secara menyeluruh kedalam kolam.

Sejarah Timbulnya Saparolegnia

Saptolegnia adalah genus dari Oomycota, saptalegina sendiri hidup yang menempel pada tubuh ikan atau hewan air lainya. Saprolegnia berbentuk seperti lapisan selaput dengan bersifat Saprotof dan nekrotof.


Cegah Munculnya Virus Saprolegnia yang Wajib Anda Ketahui.

Lakukan perawatan air secara intensif/rutin, berikan obat ramuan herbal untuk pemeliharaan air kolam, untuk obatnya silahkan anda mengunakan Probiotik lakukan pergantian air kolam jika menurut anda kualitas air sudah jelak dan berbau, lakukan pengurangan air sebanyak 50%-70% sesuai kualitas keburukan air menurut anda, untuk bertujuan membuang sejumlah virus yang sudah menumpuk pada air kolam. 

Saat pemberian pakan/pelet saya sarankan sebelum memberi kepada ikan lakukan penyeduhan mengunakan air hangat dan campurkan mengunakan Probiotik supaya bisa membantu daya tahan tubuh ikan yang sudah terkena virus saprolehnia.

Demikaian sudah artikel ini saya buat untuk bertujuan membantu para pembudidaya ikan lele bisa mengatasi permasalahan yang di dapat, semoga bermanfaat dunia dan akhirat.

NB: Jangan sungkan untuk SHARE artikel ini jika menurut para pembaca tulisan ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Terimakasih :)


No comments:

Post a Comment